Waspada,Modus Penipuan Mengatasnamakan Penerimaan CPNS Kemenkumham

  • Bagikan
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali,Jamaruli Manihuruk menegaskan kembali perihal beredarnya informasi penerimaan CPNS Kemenkumham di Tahun 2021.

Frekuensi Media.Com Bali

DENPASAR – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)
dalam hal ini Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali
menegaskan belum menyampaikan informasi mengenai penerimaan calon pegawai
negeri sipil (CPNS). Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Andap
Budhi Revianto menanggapi beredarnya kabar Kemenkumham akan membuka
seleksi CPNS. “Memang benar kami akan menyelenggarakan proses penerimaan CPNS,
tetapi sampai saat ini kami belum sekalipun secara resmi menyampaikan informasi
terkait hal tersebut kepada publik,” kata Andap dalam keterangan persnya, Minggu (23/5/2021).

Saat ini ramai flyer dan info grafis mengenai penerimaan CPNS yang mengatasnamakan Kemenkumham. Andap tidak sepenuhnya menyalahkan informasi yang beredar, tetapi juga tidak membenarkan seluruhnya. Dia menjelaskan, informasi yang beredar saat ini tidak disebarkan oleh akun resmi Kemenkumham karena memang belum waktunya. Kendati tidak ada unsur penipuan dalam info tersebut, Andap meminta masyarakat tetap berhati-hati dan waspada karena bisa saja berpotensi penipuan. “Terkait beragam informasi mengenai penerimaan CPNS Kemenkumham, saya meminta masyarakat untuk berhati-hati agar tidak tertipu oleh oknum yangmemanfaatkan momen ini,” ungkap Andap lebih jauh.

Informasi penerimaan CPNS Kemenkumham secara resmi hanya akan
disampaikan dalam web resmi Kemenkumham, yaitu cpns.kemenkumham.go.id, atau
akun resmi media sosial (instagram) yaitu @cpns.kumham dan @kemenkumhamri. “Informasi penerimaan CPNS Kemenkumham hanya akan kami keluarkan melalui
akun-akun resmi tersebut pada 30 Mei 2021,” katanya.

Andap menjelaskan banyak akun palsu yang dibuat menyerupai akun resmi
Kemenkumham. Untuk instagram, beberapa di antaranya adalah @cpns_kumham, @info.cpnskumham dan lain-lain. Semuanya, menurut Andap, adalah palsu. “Sekali lagi, saya mengharapkan seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan penerimaan CPNS Kemenkumham ini. Informasi yang benar hanya keluar dari akun resmi kami dan pada tanggal 30 Mei 2021,”ungkapnya. Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Jamaruli Manihuruk menegaskan kembali perihal beredarnya informasi penerimaan CPNS Kemenkumham di Tahun 2021, bahwa : “Kami dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali menegaskan dan menginformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa informasi yang beredar saat ini tentang penerimaan CPNS di Kemenkumham adalah tidak benar.

Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi dari Kemenkumham untuk penerimaan CPNS di Tahun 2021”, kata Jamaruli dalam keterangan persnya, Senin (24/5/2021). Kakanwil Kemenkumham Bali menjelaskan informasi yang beredar saat ini dimasyarakat adalah hal yang tidak benar, untuk itu kepada masyarakat yang berminat nantinya untuk mendaftar dalam penerimaan CPNS, dihimbau agar menunggu informasi resmi dari Kemenkumham, hal ini sejalan dengan pernyataan atau penegasan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM yang menyatakan bahwa saat ini belum ada penerimaan CPNS di Kemenkumham secara nasional maupun secara regional di daerah, khususnya Provinsi Bali.(Donnox Wong)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

52 − 47 =