Sekda Nonaktif Pemprovsu Divonis Bebas.

  • Bagikan

frekuensimedia.com – Sekda nonaktif Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Hasban Ritonga divonis bebas.Majelis hakim menyatakan, Hasban tidak bersalah terkait dakwaan jaksa dalam kasus sengketa lahan sirkuit Jalan Pancing Medan.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan, menjatuhkan vonis bebas kepada Sekda nonaktif Provsu Hasban Ritonga, serta mantan Kadispora Sumut Khairul Anwar yang menjadi terdakwa dalam kasus sengketa Lahan Sirkuit IMI Jalan Pancing Medan.

Putusan bebas terhadap keduanya dibacakan dalam persidangan yang digelar di Ruang Utama Pengadilan Negeri Medan, Selasa (28/4).

Sementara, Hasban Ritonga yang dijumpai usai persidangan mengaku bahagia, sebab hukum masih tetap berpihak kepada kebenaran. Terkait posisinya sebagai Sekda nonaktif Hasban mengatakan, siap kapan saja untuk ditugaskan kembali. Atas kasus yang menimpanya ini, Hasban mengaku kedepannya akan lebih berhati-hati.

Sebelumnya, JPU Lila Nasution dan Nurainum menuntut keduanya selama hukum 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Jaksa Kejari Medan ini, menyatakan keduanya terbukti bersalah melakukan kejahatan dalam jabatan seperti yang diatur dan diancam dengan pasal 424 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam perkara ini, Hasban dan Khairul Anwar diseret ke pengadilan berdasarkan laporan Ito Suhardi, selaku kuasa hukum PT Mutiara Development tertanggal 3 Maret 2014. Perseroan merasa dirugikan karena sebagian tanah milik mereka dimasukkan dalam lahan sirkuit Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut di Jalan Pancing/Willem Iskandar, Deli Serdang.(Has)

  • Bagikan