Plt Gubsu Lepaskan 378 orang Calhaj Untuk Kloter I

  • Bagikan

hariandeteksi.com-plt-gubsu.JPG-738348

frekuensimedia.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubenur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi melepas keberangkatan 378 calon haji (calhaj) Kelompok Terbang (Keloter) pertama Embarkasi Medan dari pemondokan Asrama Haji Jl. AH Nasution Medan, Jumat (21-08-2015). Erry mengimbau Calhaj asal Sumut menjaga kesehatan dan khusuk dalam melaksanakan ibadah haji.

Hadir Pangkostrad yang juga menjabat Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Direktur Pembinaan Kemasyarakatan (Dir Binmas) Polda Sumut Kombes Pol Ilsaruddin, Kepala Kanwil (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut, Tohar Bayoangin,Ketua MUI Sumut Prof DR H Abdullah Syah MA, Plh Walikota Medan Ir Syaiful Bahri.

Erry berpesan kepada calhaj untuk menjaga kesehatan agar sukses melaksanakan seluruh rukun haji. Selain itu, tidak mengedepankan membeli buah tangan saat menjalankan ibadah haji, agar konsterasi menunaikan rukun Islam kelima dapat berjalan dengan sukses.

“Kesehatan adalah hal yang utama. Untuk itu, jaga kesehatan agar ibadah haji berjalan dengan lancar,” sebut Erry.

Erry juga berpesan kepada calhaj mendoakan pemimpin Sumut dan pejabat ditingkatan Kabupaten/Kota untuk menjalankan amanah dengan baik agar pembangunan berjalan lancar seperti yang diinginkan. Tidak lupa Erry berharap calhaj untuk berdoa agar Sumut tetap aman,kondusif dan jauh dari bencana.

“Kita yakin, doa jamaah haji yang sedang menjalankan indah di tanah suci,akan dikabulkan Allah. Karena itu, bantu doakan agar pejabat di Sumut amanah dan pembangunan di Sumut berjalan seperti yang kita harapkan,” pesannya.

Kepala Kanwil (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumut, Tohar Bayo Angin merinci, jumlah calhaj asal Medan yang berangkat tercatat 44 orang dan Labuhanbatu 327 orang ditambah 3 petugas haji dengan total 378 orang.Sedianya, keloter pertama Embarkasi Medan akan memberangkatkan 393 calhaj. Namun 15 diantaranya batal berangkat karena berbagai sebab.

“Ada 7 orang yang gagal berangkat akibat visanya belum selesai, 3 orang lagi ditunda akibat sakit, 1 orang mendampingi yang sakit, 2 orang juga tidak berangkat karena mendampingi pembuatan visa dan 2 lagi open pramanifest,” jelas Tohar.

Tohar menjelaskan, calhaj yang tertunda terbang pada Keloter Pertama, akan berangkat pada Keloter berikutnya, jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi, baik visa maupun persyaratan kesehatan.

“Kita berharap pihak terkait memudahkan calon jamaah haji dalam pengurusan visa. Begitu juga dengan calon haji yang sakit. Semoga sembuh dan bisa berangkat,” harap Tohar.

Penyerahan pataka dan bendera merah putih sekitar pukul 14.45 WIB. Kemudian satu persatu calhaj menaiki 10 bus yang telah disiapkan panitia.Selanjutnya, para calhaj terjadwal terbang dari Bandara Kualanamu International Airport (KNIA) menggunakan pesawat Garuda GA 3101 pukul 16.15 WIB. (Panji)

  • Bagikan