Pansus DPRD Medan Minta Hadirkan Sejumlah OPD Rapat Lanjutan RPJMD 2021-2026

  • Bagikan
DPRD Medan

Frekuensi Media – Anggota DPRD Medan yang bergabung di Panitia khusus (Pansus) Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 Kota Medan sepakat mengundang sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Medan dalam rapat lanjutan. Keterlibatan pimpinan OPD dalam pembahasan RPJMD dinilai sangat penting guna mengsinkronkan sejumlah program dengan potensi yang ada.

“Sehingga tidak terjadi lagi program Copy paste. Masing masing program sudah terukur dan mengetahui potensi pendapatan yang bakal digali. Ini situasi pandemi Covid 19 harus lebih peka dalam pengelolaan anggaran,” ujar Ketua Pansus RPJMD, Sudari ST (foto) usai menggelar rapat pembahasan Ranperda tentang RPJMD Kota Medan 2021-2026, Rabu (3/8/2021).

Maka itu dalam lanjutan rapat RPJMD pada Sabtu, 7 Agustus 2021 mendatang, Pansus akan menghadirkan sejumlah Dinas sebagai pelayanan dasar jajaran Pemko Medan. Seperti Dinas PU, Dinas PPKPR, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Terkhusus kepada pimpinan OPD diatas ditekankan harus mampu mengikuti ritme kerja Walikota Medan Bobby Afif Nasution. Begitu juga kepada sesama Kabid program di jajaran OPD Pemko Medan perlu melakukan koordinasi dan menyatukan persepsi. Sehingga, masing masing program sudah terencana dengan matang dan menyesuaikan masa pandemi Covid 19,” tandas Sudari yang juga selaku Sekretaris DPD PAN Kota Medan itu.

Dijelaskan Sudari, saat ini banyak persoalan di tengah masyarakat Kota Medan yang patut disikapi serius. Seperti masalah kemiskinan dan menimbulkan kesenjangan sosial. Sehingga terjadi aksi tawuran yang berkepanjangan di daerah Medan Utara.

“Menyikapi persoalan itu, perlu turun dan melibatkan sejumlah OPD masalah sosial, pendidikan bahkan infrastruktur. Tentu RPJMD 5 tahun ke depan harus mengakomodir persoalan itu. Sama halnya dengan persoalan Covid 19. Banyak aspek yang terinbas maka perlu antisipasi sejak sini,” terang Sudari.

Sebagai gambaran umum kata Sudari, aspek kesejahteraan masyarakat miskin yang masih perlu diperhatikan khusus. Perlu langkah konkrit Pemko Medan menekan persoalan itu.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar ST mengaku sependapat dengan usulan anggota dewan. Untuk itu Benny sepakat dan bersedia menghadirkan sejumlah OPD pada rapat lanjutan RPJMD.

Diketahui, rapat dipimpin Ketua Pansus, Sudari ST (PAN) didampingi Haris Kelana Damanik (Gerindra), Mulia Asri Rambe (Golkar), Edi Saputra (PAN), Parlindungan Sipahutar (Demokrat), Wong Cun Sen (PDIP) , Dedy Aksyari Nasution (Gerindra), Hendri Duin (PDI P), David Roni Ganda Sinaga (PDIP), Renville Napitupulu (PSI). Juga hadir Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar dan bagian hukum. FM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

14 − = 5