Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan Siapkan Peringatan KAA.

  • Bagikan

luhut

frekuensimedia.com- Luhut Binsar Pandjaitan belum lama dilantik menjadi Kepala Staf Kepresidenan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk dia menjadi penanggung jawab 60 tahun Konferensi Asia Afrika. Sebagai orang baru di pemerintahan Jokowi, Luhut berusaha ‘menawar’ agar tugas itu diserahkan kepada seorang menteri lain di Kabinet Kerja.
Namun sang menteri yang disebut namanya waktu itu menyerahkan kepada Luhut. Presiden pun mengingatkan kepada Luhut bahwa waktu penyelenggaraan 60 tahun KAA tinggal 6 minggu lagi. “Ya sudah kalau Bapak perintah saya laksanakan. Itulah tipologi militer, kalau perintah ya siap laksanakan,” kata Menteri Perdagangan dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid itu.

Hanya tersedia waktu 6 minggu Luhut. Bagaimana cerita pria kelahiran Simargala, Toba Samosir, Sumatera Utara, pada 28 September 1947 menyiapkan peringatan 60 tahun KAA dengan waktu supersingkat?

“Jadi langsung begitu terima perintah besoknya kumpulin (staf) rapat langsung,” kata Luhut. Tim dibentuk dan tugas dibagi. Semua dikerjakan dengan ritme serba cepat. Namun Luhut tetap berusaha agar persiapan tetap berjalan sesuai dengan yang diharapkan, ada satu strategi khusus disiapkan.

“Saya ingat waktu masih taruna di Akademi Militer, kebetulan gubernur saya waktu itu Soesilo Soedarman. Dia selalu bilang, para taruna, kalian ingat tiga kata, “Check, recheck and check again”. Dan itulah menjadi bagian dari hidup saya. Selalu saya lakukan itu,” papar Luhut.

Dan mulai hari ini peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika mulai digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta. Sejumlah pejabat senior dari negara-negara yang diundang pun sudah melakukan aneka pertemuan.

Luhut memastikan bakal ada 5 kepala negara yang akan membawa jet pribadi.”Sampai sekarang ada lima. Yang saya ingat Cina, Jepang, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Myanmar,” ujar Luhut di Hall A JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (19/4/2015).(Kontra 01)

  • Bagikan