Hendri Duin Minta Pemko Medan Berdayakan dan Siapkan Tempat Relokasi PKL Untuk Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

  • Bagikan
Hendri Duin Sembiring

Frekuensi Media – Anggota DPRD Medan yang tergabung Panitia Khusus (Pansus) Ranperda penetapan zonasi aktivitas Pedagang Kaki Lima (PKL) Kota Medan hari ini, Senin sore (6/9/2021) memulai pembahasan Draf Renperda yang diajukan Pemko Medan. Diharapkan, dengan adanya Ranperda tersebut, nantinya Pemko Medan diharapkan mampu memberdayakan PKL demi peningkatan ekonomi kerakyatan.

Ketua Pansus PKL Hendri Duin Sembiring kepada wartawan, Senin (6/9) menyampaikan Ianya akan tetap memprioritaskan kepentingan para pedagang. “Saya berharap dilakukan penataan dan disiapkan tempat relokasi bagi pedagang yang digusur,” ujar Hendri Duin Sembiring.

Politisi dari PDI Perjuangan  itu, mengatakan lagi, dengan adanya Perda PKL diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para pedagang karena sudah memiliki regulasi yang menjamin kepastian hukum dalam berjuanan. “Ke depanya jangan ada lagi penggusuran PKL yang banyak merugikan pedagang dan pemerintah. Tetapi sejak adanya Perda dapat dilakukan penataan persuasif,” harap Hendri Duin.

Ditambahkan Hendri, dalam rapat perdana pembahasan Ranperda PKL Senin siang, Ianya akan memanggil Sekda Pemko Medan, PD Pasar, Dinas Pariwisata, Bagian Asset, Dinas PKKPR dan Dinas Koperasi.

Dalam pembahasan, Pansus akan mempertanyakan Pemko Medan terkait pemetaan zonasi. “Harus jelas pemetaan zonasi di titik mana saja,” imbuh Hendri Duin.

Begitu juga dengan PD Pasar, Hendri Duin mengingatkan kesiapan PD Pasar untuk menampung para PKL yang direlokasi. Selain itu Hendri Duin yang saat ini duduk di Komisi III dan membidangi Pasar mengusulkan Pemko Medan supaya mempersiapkan tempat relokasi.

” Sudah saatnya Pemko Medan agar menempatkan PKL dalam satu tempat sesuai jenis dagangannya. Begitu juga soal tempat pasar supaya ditata bagus menjadi lokasi wisata, sehingga para konsumen dapat berbelanja sambil berwisata,” terangnya.

Untuk memaksimalkan pembahasan Renperda Zonasi PKL, Pansus bersama OPD terkait direncanakan dapat mengadopsi penerapan Perda yang telah dilakukan daerah lain.

“Kita mau lihat daerah lain yang sudah sukses menjalankan Perda PKL seperti Bekasi dan Kota Padang,” pungkas Hendri Duin. FM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

+ 58 = 62