Forum Bersama – Laskar Merah Putih Mada Sumut,Test Kejiwaan Polisi Penembak Dada Masyarakat!

  • Bagikan
Korban ditembak cuma jarak dua meter.
Korban ditembak cuma jarak dua meter.
Korban ditembak cuma jarak dua meter.

frekuensimedia.com – Dalam penggerebekan di Jalan Karya VII,Senin (20/7),Junaidi Purba warga korban penembakan tidak bersalah,saat ini kondisinya sudah membaik setelah mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Bhayangkara Medan.

Dengan suara yang masih lemah,ia menceritakan kejadian penembakan,Senin (20/7) pagi. Menurut pria ini penembakan dilakukan polisi yang belakangan diketahui adalah Kanit Intel Medan Helvetia,AKP ZH tersebut dilakukan dari jarak 2 meter.

Menurut keterangan sikorban dirinya ditembak cuma jarak dua meter.Polisi menembak aku dari belakang hingga tembus ke dada dan proyektil pelurunya mengenai April (keponakan). Sebenarnya bukan maksud untuk menghalangi,tapi hanya bertanya surat penangkapan,terangnya diruang ICU Rumah Sakit Bhayangkara.

Sementara itu Franky Manalu Plt.Ketua Forum Bersama Laskar Merah Putih (FB-LMP) Mada Sumut,Selasa (21/7),sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan petugas polsek helvetia dalam penggerebekan yang dikepalai oleh Kapolsek Medan Helvetia Kompol Ronni Bonic.

Jelas melanggar aturan dalam penggunaan senjata api oleh petugas disaat sedang bertugas,sebab semua telah diatur undang –  undang,baik didalam penggunaan maupun dalam pemakaian.Saya berharap Kapoldasu dan Kapolresta Medan agar memberikan saksi tegas kepada anggota yang menyalahi aturan didalam penggunaan dan kepemilikan senjata api disaat bertugas terutama harus menjalani psikotes kejiwaan.jika dalam Protapnya jelas menyalahi dikenakan sanksi tegas,bila perlu dicopot dan dipecat karna bisa membahayakan dan mengancam jiwa seseorang,ungkap Franky.

Mengenai peraturan  penggunaan senjata api oleh polisi antara lain diatur dalam Perkapolri No.8 Tahun.2009.Tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia (“Perkapolri 8/2009”), serta di dalam Perkapolri No.1 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian (“Perkapolri 1/2009”).

Berdasarkan Pasal 47 Perkapolri 8/2009 disebutkan bahwa:

(1) Penggunaan senjata api hanya boleh digunakan bila benar-benar diperuntukkan untuk melindungi nyawa manusia.
(2) Senjata api bagi petugas hanya boleh digunakan untuk :

a.dalam hal menghadapi keadaan luar biasa.
b.membela diri dari ancaman kematian dan/atau luka berat.
c.membela orang lain terhadap ancaman kematian dan/atau luka berat.
d.mencegah terjadinya kejahatan berat atau yang mengancam jiwa orang.
e.menahan,mencegah atau menghentikan seseorang yang sedang atau akan melakukan tindakan yang sangat membahayakan jiwa.
f.menangani situasi yang membahayakan jiwa,dimana langkah-langkah yang lebih lunak tidak cukup.

Penggunaan senjata api oleh polisi dilakukan apabila (Pasal 8 ayat [1] Perkapolri 1/2009) :
a.tindakan pelaku kejahatan atau tersangka dapat secara segera menimbulkan luka parah atau kematian bagi anggota Polri atau masyarakat.
b.anggota Polri tidak memiliki alternatif lain yang beralasan dan masuk akal untuk menghentikan tindakan/perbuatan pelaku kejahatan atau tersangka tersebut.
c.anggota Polri sedang mencegah larinya pelaku kejahatan atau tersangka yang merupakan ancaman segera terhadap jiwa anggota Polri atau masyarakat.

Pada prinsipnya,penggunaan senjata api merupakan upaya terakhir untuk menghentikan tindakan pelaku kejahatan atau tersangka (Pasal 8 ayat [2] Perkapolri 1/2009).

Jadi,penggunaan senjata api oleh polisi hanya digunakan saat keadaan adanya ancaman terhadap jiwa manusia.Sebelum menggunakan senjata api,polisi harus memberikan peringatan yang jelas dengan cara (Pasal 48 huruf b Perkapolri 8/2009) :
1.menyebutkan dirinya sebagai petugas atau anggota Polri yang sedang bertugas.
2.memberi peringatan dengan ucapan secara jelas dan tegas kepada sasaran untuk berhenti, angkat tangan,atau meletakkan senjatanya.
3.memberi waktu yang cukup agar peringatan dipatuhi sebelum melepaskan tembakan.polisi juga harus memberikan tembakan peringatan ke udara atau ke tanah dengan kehati-hatian tinggi dengan tujuan untuk menurunkan moril pelaku serta memberi peringatan sebelum tembakan diarahkan kepada pelaku (Pasal.15 Perkapolri 1/2009).

Pengecualiannya yaitu dalam keadaan yang sangat mendesak dimana penundaan waktu diperkirakan dapat mengakibatkan kematian atau luka berat bagi petugas atau orang lain di sekitarnya, peringatan tidak perlu dilakukan (Pasal 48 huruf c Perkapolri 8/2009).

Bagaimana pertanggung jawaban polisi terhadap penggunaan senjata api,jika ada pihak yang dirugikan atau keberatan karena penggunaan senjata api,petugas polisi yang bersangkutan wajib membuat penjelasan secara terperinci tentang alasan penggunaan senjata api,tindakan yang dilakukan dan akibat tindakan yang telah dilakukan (Pasal 49 ayat [2] huruf a Perkapolri 8/2009).

Selain itu,setelah menggunakan senjata api,polisi harus membuat laporan terperinci mengenai evaluasi pemakaian senjata api.Laporan tersebut berisi antara lain (Pasal 14 ayat [2] Perkapolri 1/2009) :
a.tanggal dan tempat kejadian. b.uraian singkat peristiwa tindakan pelaku kejahatan atau tersangka,sehingga memerlukan tindakan kepolisian.
c.alasan/pertimbangan penggunaan kekuatan.
d.rincian kekuatan yang digunakan.
e.evaluasi hasil penggunaan kekuatan.
f.akibat dan permasalahan yang ditimbulkan oleh penggunaan kekuatan tersebut.

Laporan inilah yang akan digunakan untuk bahan pertanggungjawaban hukum penerapan penggunaan kekuatan,serta sebagai bahan pembelaan hukum dalam hal terjadi gugatan pidana/perdata terkait penggunaan kekuatan yang dilakukan oleh anggota Polri yang bersangkutan (Pasal 14 ayat [5] huruf e dan f Perkapolri 1/2009).

Pada prinsipnya,setiap individu anggota Polri wajib bertanggung jawab atas pelaksanaan penggunaan kekuatan (senjata api) dalam tindakan kepolisian yang dilakukannya (Pasal 13 ayat [1] Perkapolri 1/2009).Oleh karena pertanggung jawaban secara individu terhadap penggunaan senjata api oleh polisi,maka penggunaan senjata api yang telah merugikan pihak lain karena tidak mengikuti prosedur dapat dituntut pertanggung jawabannya secara perdata maupun secara pidana (Sumber hukumonline.com).(David)

  • Bagikan