Ditreskrimum Poldasu Berhasil Raih Peringkat 4 Penyelesaian Laporan Se Indonesia, Dalam menjalankan 6 Program Kapolri

  • Bagikan

MEDAN| Frekuensimedia.com

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara telah mencapai target dalam menjalankan program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo khususnya program ‘6’ tentang peningkatan kinerja penegakan hukum.

Dalam hal ini, Ditreskrimum Polda Sumut peringkat 4 dari seluruh Polda se Indonesia dalam penyelesaian laporan.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak melalui Direktur Ditreskrimum Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja menyebutkan, pihaknya telah menindaklanjuti program 100 hari kerja Kapolri. Salah satu yang ditindaklanjuti yakni program 6 yakni proses penegakan hukum yang memenuhi rasa keadilan masyarakat.

“Program 6 yaitu peningkatan kinerja penegakan hukum,” sebut Tatan, Minggu (16/5/21).

Tatan menyebutkan, dalam menjalankan program ini ada beberapa indikator mulai dari mengedepankan hukum progresif dalam menyelesaikan perkara melalui restoratif justice yang tidak melihat aspek kepastian hukum namun pada kemanfaatan dan keadilan.

“Meningkatkan penegakan hukum kejahatan jalanan (street crime) yang meresahkan masyarakat. Ini yang menjadi prioritas kita dalam menindaklanjuti program Kapolri,” tegas Tatan.

Dalam pelaksanaan street crime, sebut mantan Kabid Humas Poldasu itu, Ditreskrimum Polda Sumut beserta Satuan Reskrim Polres sejajaran, telah mencapai target. “Kita bersama Reskrim jajaran telah menjalankan program ini,” kata dia.

Kemudian lanjut dia, pihaknya juga telah menyelesaikan tiga laporan persoalan tanah. “Sudah kita penuhi beberapa kasus tanah, diantaranya sport centre,” jelas dia.

Mantan Wakapolrestabes Medan itu menambahkan, indikator selanjutnya memberikan kepastian hukum dan menghindari penyidikan yang berlarut-larut secara transaksional.

“Meningkatkan kerja sama criminal justice dan aparat penegak hukum lainnya (Join Investigation) tukar menukar informasi, gelar perkara dan dukungan sarana prasarana,” sebutnya lagi.

Lanjut Tatan, Penegakan hukum yang berorientasi kepada gender dan kelompok rentan. Sudah selesaikan 12 laporan.

“Dalam menjalankan program 6 kegiatan 23, Direktorat Reskrim umum Polda Sumut peringkat 4 dalam menyelesaikan laporan dari jajaran Polda se-Indonesia,” sebutnya.

Direskrimum Polda Sumut itu menambahkan, seluruh program ini dijalankan mulai Jenderal Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri.(Akhyar Nst).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

72 − = 71