Dinas Kebersihan Kota Medan Masih Kekurangan Armada Sampah

  • Bagikan
frekuensimedia.com-Kepala Dinas Kebersihan Kota Medan Endar Sutan Lubis mengaku kalaupihaknnya masih kekurangan armada sampah, sebab katanya, untuk mengangkut sampah sebanyak 2 Ton perhari di Kota Medan paling tidak dibutuhkan sebanyak 302 unit becak sampah, atau sama dengan setiap kelurahan memiliki 2 unit becak sampah.
“Untuk memenuhi kebutuhan pengangkut sampah di Kota Medan, paling tidak dibutuhkansebayak 302 unit becak sampah,”ujar Endar Sutan Lubis kepada wartawan usai rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Medan akhir tahun 2014 di gedung dewan Jalan Kapten Maulana Lubis Medan Jumat (17/4).
Endar mengakui, masih terjadinya tumpukan sampah di Kota Medan, karena armada yangada saat masih belum mampu mengangkutnya secara keseluruhan.”Kita masih kekurangan armada sampah,”katanya.
Saat ini kata Endar, pihaknya baru memiliki 107 unit becak bermotor jenis viar,jumlah, sehingga tidak mampu mengangkut sampah yang jumlahnya mencapai 2 Ton setiap hari tersebut.

Menurut Endar pihaknya saat ini tengah menerapkan mengangkut sampah pada malah hari,pola ini diterapkan selain menghindari kemacatan, juga upaya penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM).
“Saat ini kita tengah melakukan uji coba di beberapa kelurahan, seperti Kelurahan Kesawan, Kelurahan Pasar Baru, menyusul bebara jalan protokol lainya antara lain Prof HM Yamin SH, Jalan KL Yos Sudarso, dan Jalan SM Raja,”ujarnya.
Namun begitu tergantung masyaraknya itu sendiri, kalau masyarakat mengikuti himbauan agar membuang sampah sesuai dengan jadwal pengangkutan malam, mungkin pengangkutan malam tidak ada lagi masalah.
“Jadi ini tergantung masyarakatnya aja, terutama untuk kawasan pusat kota, karena masyarakat selama ini sudah terbiasa dengan pengangkutan pada pagi hari,”ujarnya seraya menargetkan tahun 2015 ini sistem pengangkutan sampah malam bisa selesai seluruh.

Pada rapat pembahasan yang dipimpin Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPj Walikota Medan akhir tahun 2014, Endar memaparkan untuk belanja modal pengadaan becak, Dinas Kebersihan Kota Medan mengangarkan Rp 1.449.750,00.”Untuk belanja modal pengadaan becak sesui kode rekening 5.2.3.04.03,  diangarkan sebesar Rp 1.449.750, terealisasi Rp 1.422.650.000,”ujar Endar dalam laporan realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah priode 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2014.(Franky)

 

  • Bagikan