GLOBAL  

Debu Vulkanik Gunung Sinabung Selimuti Medan

Foto Letusan Gunung Sinabung Sumatra

frekuensimedia.com – Kota Medan tampak memutih, mulai dari atap-atap rumah dan gedung, hingga kendaraan yang lalu lalang. Itu adalah debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang terbang hingga Ibu Kota Sumatera Utara itu, pada Rabu pagi (17/6).

Staf Pelayanan Data BMKG Wilayah I Medan Rika Karyani, yang dihubungi Antara, membenarkan bahwa debu vulkanik telah terbang ke Kota Medan dan sekitarnya. Debu vulkanik tersebut dibawa angin dari arah Kabupaten Karo yang memiliki kecepatan sekitar 15-20 knot yang menuju arah barat daya Sumatera.

Dengan kecepatan angin yang cukup kencang tersebut, debu vulkanik itu bisa sampai ke Kota Medan sejak pagi hari.

Bahkan, dari pemantauan yang dilakukan BMKG, debu vulkanik itu juga meliputi sejumlah daerah di pantai timur Sumut seperti Kabupaten Langkat, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang.

Tetapi pihaknya tidak dapat mengetahui tingkat ketebalan debu yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung tersebut. “Kami tidak tahu karena itu bukan ruang lingkup kami,” kata Rika.

Kendati demikian, BMKG memprakirakan debu vulkanik itu bisa hilang dengan kemungkinan turunnya hujan pada sore hingga malam hari.(Kontra)