Home / DPRD Kota Medan / Butong: UU Nomor 43 2009 Tentang Kearsipan Sangat Dibutuhkan Masyrakat

Butong: UU Nomor 43 2009 Tentang Kearsipan Sangat Dibutuhkan Masyrakat

BUTONG

Frekuensi Media – Kearsipan mempunyai peranan sebagai pusat ingatan, dan sumber informasi,sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi dalam rangka kegiatan perencanaan. Kearsipan juga dapat sebagai penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijaksanaan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan pertanggungjawaban.

Hal ini sesuai undang-undang (UU) Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan, dimana setiap pemerintah daerah wajib melaksanakan pengelolaan arsip.

Demikian dikatakan Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan, Surianto SH Minggu (13/12/2020).

Menurut Ketua Komisi II DPRD Medan yang akrab disapa Butong ini, kearsipan harus senantiasa siap untuk memberikan pelayanan informasi yang akurat dalam memecahkan masalah administrasi pada umumnya dan dalam manajemen kearsipan pada khususnya.

Pengelolaan arsip juga dimaksudkan sebagai upaya untuk menyelamatkan bahan bukti kinerja pemerintah yang pada akhirnya akan sangat bermanfaat bagi perlindungan hak-hak keperdataan maupun untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, demikian Surianto. (FM)

(sumber: Portibi DNP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

62 − 54 =