Akhyar Lakukan Rapid Test Secara Drive Thru di RS USU

  • Bagikan

Frekuensimedia-Medan:  Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi melakukan rapid test secara drive thru yang diselenggarakan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) di pelataran Parkir  Timur RS USU Jalan Dr Mansyur Medan, Selasa (9/6) pagi. Rapid Test ini terselenggara karena banyaknya sumbangan dari donatur yang mengalir kepada RS USU yang bertujuan untuk membantu masyarakat melakukan screening diri sejak dini.

Pada kesempatan tersebut, Akhyar mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi atas pelaksanaan rapid test massal gratis kepada masyarakat. “Saya mengucapkan terima kasih kepada RS USU dan para donatur yang telah menyumbangkan alat rapid test ini. Kegiatan ini menjadi salah satu screening diri bagi masyarakat untuk mengetahui apakah dirinya terindikasi Corona virus atau tidak. Dengan mengetahui sejak awal tentunya kita dapat melakukan penanganan secara mandiri terlebih dahulu jika tidak terjadi gejala yang serius,” kata Akhyar didampingi Camat Medan Baru IC Simbolon dan Kabag Humas Setda Kota Medan Arrahmaan Pane.

Terkait penerapan new normal di Kota Medan, Akhyar mengatakan sampai saat ini Pemko Medan belum menetapkan Kota Medan masuk ke era new normal, Akhyar mengungkapkan pihaknya masih mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur menuju kesana. “Untuk saat ini Kota Medan belum memasuki era new normal seperti beberapa kota lainnya di Sumut dan Indonesia. Itulah kita berharap dengan membangun sebuah kultur baru, sebuah budaya baru semua masyarakat siapapun dia ayo kita semuanya berpartisipasi bergotong royong bersama membangun sebuah kultur baru sehingga kita bisa menuju keadaan new normal tersebut ,” harap Akhyar.

Sementara itu, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof DR Runtung Sitepu, SH.Mhum mengatakan rapid test ini digelar untuk membantu masyarakat dan mengetahui sejak dini warga yang terindikasi Covid-19. Perlu diketahui, tambah Rektor USU, rapis test ini merupakan bantuan dari pihak ketiga yakni Perguruan Tinggi Tridarma dengan tujuan untuk membantu masyarakat dan pemerintan dalam mengcegah penularan Covid-19 di Kota Medan semakin meluas lagi nantinya.

“Jika hasilnya negatif kita akan menghubungi, jika hasilnya positif maka atas persetujuan Satuan Gugus Tugas (Satgas) Dinas Kesehatan Kota Medan untuk dilakukan swab test atau sosialisasi dengan cara pasien disuruh isolasi mandiri atau tidak berkeliaran kemana-mana. Hasil langsung diinfokan yang positf. Kami berharap dengan luas wilayah Kota Medan kami imbau masyarakat untuk berani rapid test, sehingga kita dapat mempersempit jumlah yang positif dan mengurangi kita dampak yang lebih luas lagi,” jelasnya.(RF)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

43 − 40 =