Pilot mogok kerja, Lufthansa batalkan 750 penerbangan

  • Bagikan
Pilot mogok kerja, Lufthansa batalkan 750 penerbangan

Maskapai penerbangan Lufthansa asal Jerman menyatakan pada Kamis membekukan penerbangan reguler ke Tripoli (istimewa)
Frankfurt (ANTARA News) – Maskapai nasional Jerman Lufthansa membatalkan sekitar 750 penerbangan jarak dekat dan menengah, Rabu, setelah para pilot mulai melancarkan mogok kerja selama dua hari sebagai protes atas skema pensiun dini.Hampir setengah dari total 1.400 jadwal penerbangan maskapai itu baik yang mendarat maupun yang tinggal landas di Frankfurt atau Munchen telah dibatalkan sehingga mempengaruhi sekitar 80.000 penumpang maskapai ini, kata juru bicara Lufthansa seperti dikutip AFP.

Namun penerbangan-penerbangan dari anak perusahaan-anak perusahaan Lufthansa, yakni Germanwing, Eurowing, Swiss dan Austrian Airlines, tidak terpengaruh.

Namun serikat pilot bernama Cockpit mengumumkan bahwa mogok kerja akan diperpanjang sampai Kamis esok, yang pasti akan memukul layanan kargo.

Ini adalah mogok kerja ke-12 sejak April tahun lalu menyangkut protes terhadap rencana manajemen dalam mengubah ketentuan pensiun pilot.

Saat ini, pilot boleh pensiun pada usia 55 tahun dengan menerima bayaran 60 persen dari gaji mereka sampai mereka mencapai status pensiun pada usia 65.

Lufthansa ingin mengubah aturan ini.

Pada 2014, serangan mogok kerja membuat Lufthansa rugi 232 juta euro, demikian AFP.

COPYRIGHT © ANTARA 2015

  • Bagikan