Saturday , 19 September 2020
Home / Pemko Medan / Tokopedia Gandeng Pemko Medan Majukan UMKM Permudah Masyarakat Belanja Online

Tokopedia Gandeng Pemko Medan Majukan UMKM Permudah Masyarakat Belanja Online

Frekuensimedia-Medan:  Di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda dunia bahkan Indonesia termasuk Kota Medan, membuat masyarakat mengurungkan niat untuk berbelanja secara tatap muka langsung guna meminimalisir penyebaran Covid-19 semakin meluas. Atas dasar itulah, di masa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang lebih memilih belanja secara online daripada berbelanja langsung.

Maka dari itu, Pemko Medan melakukan kerjasama dengan PT Tokopedia tentang Pengembangan Pelayanan Publik dan Ekonomi Digital di Kota Medan. Kerjasama tersebut disepakati dan ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi di Command Centre Kantor Wali Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis No 2 Kelurahan Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah, Senin (31/8).

Penandatangan kerjasama yang dilakukan Akhyar didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Kota Medan Edliaty Siregar dan Plt Kabag Hubungan Antar Kota Daerah Indra Gunawan disaksikan Vice President Public Policy and Government Relations PT Tokopedia Astri Wahyuni, Regional Lead Public Policy and Government Relations PT Tokopedia Emmiryzan melalui video conference (vidcon).

Dalam kesempatan tersebut, Akhyar mengucapkan terima kasih kepada PT Tokopedia yang telah menjalin kerjasama dengan Pemko Medan melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan untuk memajukan dan mensejahterakan perekonomian UMKM yang ada di Kota Medan di masa Covid-19. “Saya ucapkan terima kasih kepada PT Tokopedia yang telah menjalin kerjasama dengan Pemko Medan melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan untuk memajukan perekonomian para UMKM yang ada di Kota Medan di masa pandemi Covid-19,” kata Akhyar.

Akhyar berharap dengan adanya kerjasama ini, UMKM yang ada di Kota Medan dapat bergabung dengan 8,9 juta UMKM yang tergabung di Tokopedia. Apalagi, di situasi seperti saat ini belanja secara online sangat mendukung dan minat masyarakat Indonesia dalam berbelanja secara online tinggi. “Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat memajukan baik dari para pelaku UMKM maupun produk UMKM itu sendiri. Karena Kota Medan memiliki banyak sekali produk yang dihasilkan tidak hanya kuliner saja yang terkenal, handycraft dan kreasi lainnya yang dihasilkan para UMKM Kota Medan tidak kalah bagusnya,” ungkap Akhyar.

Sementara itu, Vice President Public Policy and Government Relations PT Tokopedia Astri Wahyuni dimasa pandemi ini banyak UMKM bergabung dan beralih ke online. Maka dari itu, Tokopedia berkomitmen untuk membantu UMKM Kota Medan agar bisa masuk ke dunia digitalisasi ini. “Di era pandemi ini yang diharuskan untuk menjalani kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga banyak masyarakat yang beralih untuk belanja secara online. Dengan adanya kerjasama ini, dapat membantu UMKM Kota Medan dapat bertahan di era yang sulit ini,” jelasnya.(KR-Sugandhi Siagian)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

+ 87 = 95