Tuesday , 1 December 2020
Home / Pemko Medan / Sosialisasi Adaptasi Kehidupan Baru Kepada Masyarakat Bantaran Sungai

Sosialisasi Adaptasi Kehidupan Baru Kepada Masyarakat Bantaran Sungai

Frekuensimedia-Medan: Dalam rangka sosialisasi adaptasi kebiasaan hidup baru untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan, Pemko Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan melakukan Susur Sungai, Rabu (1/7) pagi. Adapun tujuan susur sungai ini memantau masyarakat sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Kegiatan susur sungai dilaksanakan mulai dari Taman Avros dan berakhir dibawah jembatan Jalan Perdana. Sebelumnya para personil BPBD yang terlibat dalam aksi tersebut terlebih dahulu mengenakan pelampung. Setelah itu dengan menggunakan sejumlah perahu karet, para personil mulai menyusuri sungai dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring menjelaskan, susur sungai ini dilakukan untuk mensosialisasikan bahwasannya Kota Medan akan segera memberlakukan adaptasi kebiasaan baru dalam waktu dekat ini serta mengingatkan kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru yang akan segera diberlakukan di Kota Medan.

“Hari ini kami (BPBD Kota Medan) melakukan penyuluhan kepada warga bantaran sungai. Hal ini sangat penting dilakukan untuk memberikan sosialisasi kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai dalam menjalankan protokol kesehatan sebagai adaptasi kebiasaan baru yang harus dilakukan di masa pandemi Covid-19  yang tidak tahu kapan akan berakhirnya,” kata Arjuna.

Dalam kesempatan tersebut, Arjuna berpesan kepada warga yang tinggal dibantaran sungai agar dapat berperilaku hidup sehat seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun atau hand sanitizer, menggunakan masker, serta menjaga jarak dengan yang lainnya atau hindari kerumunan. Arjuna juga berharap dengan tersebarnya informasi penanganan dan pencegahan kepada masyarakat secara merata, dapat mewujudkan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

“Dengan adanya sosialisasi ini, mereka yang tinggal di bantaran sungai selama ini yang belum mendapat informasi berkaitan dengan upaya peran serta masyarakat dalam mencegah memutus mata rantai penyebaran Covid-19, bisa menyadarkan masyarakat bahwa Covid-19 ada disekitar kita. Tetapi Inshaa Allah dengan cuci tangan setiap hari serta berprilaku hidup bersih dan sehat, mudah-mudahan kita terhindar dari penyebaran virus ini. Tetap jaga jarak, dan lebih baik di rumah saja jika tidak ada kegiatan penting diluar rumah,” jelasnya.(KR-Sugandhi Siagian)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

+ 14 = 23