Wednesday , 23 September 2020
Home / Sumut / Satlantas Polresta Medan : Pelayanan Maksimal Urus SIM & Hindarin Calo Dengan Murah Senyum.

Satlantas Polresta Medan : Pelayanan Maksimal Urus SIM & Hindarin Calo Dengan Murah Senyum.

frekuensimedia.com – Sebagai Perwira yang diberi tugas dan amanah oleh Negara dirinya tidak pernah mengenal lelah dalam melaksanakan tugasnya dan selalu memberikan senyum kepada masyarakat yang dilayaninya. Kanit Reg Ident Satlantas Polresta Medan AKP Ali Umar,ketika ditemui oleh awak media ini.disela–sela acara ujian Praktek SIM di Satlantas Polresta Medan mengatakan,semua pelayanan yang berkaitan dengan Lalu Lintas tersebut untuk masyarakat tetap kita kedepankan pelayanan Prima.

Kendati demikian,pihaknya tetap memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur yang ada sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku dan peraturan lain tanpa diskriminatif.Sosok perwira yang murah senyum ini telah banyak melakukan inovasi dalam membangun kesatuannya menjadi lebih baik dan tentunya bermartabat.

”Pelayanan merupakan sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Bagi Kami (Polisi.red) akan terus berpacu dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik dalam menyonsong ke arah yang lebih baik seperti apa yang diharapkan oleh masyarakat”ungkap Umar.

Dalam Pelayanan Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) jelas Perwira yang murah senyum ini, masyarakat diminta untuk mendatangi langsung Kantor Satuan Lalu Lintas Polresta Medan dengan mengikuti Mekanisme Pembuatan SIM sesuai dengan Aturan yang ada yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor.50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).Aturan itu sudah jelas terkait dengan mekanisme pembuatan SIM dan itu langsung dibayar diloket Petugas Bank BRI untuk masuk ke Kas Negara,tandasnya.

Dalam Pelayanan Pembuatan SIM jelasnya,masyarakat langsung datang ke Kantor Satuan Lalu Lintas melalui unit Pelayanan SIM dan akan dilayani oleh Petugas Kami Mulai dari Proses Pertama, Pendaftaran,dalam Proses Pendaftaran Masyarakat hanya membawa Foco Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Membawa Surat Keterangan Sehat.Sebagai persyaratan Utama dalam mendapatkan SIM,serta mengisi Formulir yang telah disediakan oleh Petugas Pelayanan Uji SIM.

Kedua,Setelah melakukan pendaftaran dan diverifikasi oleh petugas SIM,Peserta Uji SIM,melakukan pembayaran PNPB dan langsung dilayani oleh petugas Bank BRI sebagai Bank yang menjalin kerja sama dengan pihak Kepolisian.Kemudian,Masyarakat atau Peserta Uji SIM tersebut melakukan identifikasi mulai dari sidik jari dan tanda tangan Elektronik serta melakukan perekaman atau Foto SIM.

Ketiga,Dalam melakukan rangkaian proses tersebut setiap masyarakat atau peserta uji SIM diwajibkan untuk mengikuti Ujian yang meliputi Ujian Teori dan Ujian Praktek yang dilakukan didalam Ruangan Praktek Teori dikantor Satlantas setempat sedangkan Tes Praktek dilakukan dihalaman depan Satlantas Polresta Medan yang sudah disediakan memang untuk ujian Praktek dengan dipandu oleh 3 orang Petugas Penguji SIM.

Dengan praktek tersebut Masyarakat atau Peserta Uji SIM Bisa mengetahui secara rinci dan nyata dalam bagaimana menggunakan kendaraan dijalan utama dengan baik dan Benar.

Dengan Proses praktek tersebut Penguji akan memberikan penilaian yang layak Lulus dan Tidak.Dari proses tersebut Penguji akan mengeluarkan Rekomendasi Peserta Uji SIM yang dinyatakan Lulus ujian Praktek dan Teori bisa langsung diserahkan SIM tersebut ke Masyarakat atau Peserta Uji SIM,maka baru layak yang bersangkutan untuk mengendarai Sepeda Motor ataupun kendaraan lain sesuai dengan Jenis SIM yang dibutuhkan tersebut.

Seluruh rangkaian proses tersebut wajib untuk dilalui oleh masyarakat atau Peserta Ujian SIM.Untuk itu dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan jasa Percaloan atau Calo dalam proses pembuatannya karena itu tentunya akan merugikan masyarakat tersebut.Kami siap untuk melayani masyarakat yang datang melakukan pengurusan SIM sesuai dengan Prosedur yang ada tanpa ada Diskriminatif dalam proses pembuatannya.

Ditambahkan lagi ketika diwawancara awak media ini Irwan Sianturi mahasiswa UMSU Fakultas Hukum,Jumat (30/10).Mengatakan bahwasanya dirinya sangat senang dan bangga terhadap pelayanan Satlantas Polresta Medan didalam mengurus SIM.Walaupun dirinya sudah dua kali gagal dan ketiganya lolos ujian teori dirinya sangat senang atas apa yang diraihnya,dalam keterangannya dirinya kerap banyak tawaran oleh jasa calo diluaran sana yang hendak menawarkan jasa kepengurusan SIM.Akan tetapi dengan semangat yang tinggi dan percaya diri,dirinya mampu untuk tidak tergoda oleh rayuan para calo.Cukup hanya bermodalkan pengetahuan dari online dan google saja bang yang dibutuhkan didalam mendapatkan informasi dan rambu rambu lalu lintas sehingga saya berhasil melalui ujian teori tersebut,ujarnya kepada awak media ini.(David)