Wednesday , 23 September 2020
Home / Sumut / Satlantas Medan Terapkan Sim Online Dukung Kemajuan Iptek.

Satlantas Medan Terapkan Sim Online Dukung Kemajuan Iptek.

Kasatlantas Polresta Medan,Kompol M Hasan,
Kasatlantas Polresta Medan,Kompol M Hasan

frekuensimedia.com – Salah satu program Medan Top Kali,dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah mendunia,direncanakan mulai Oktober 2015,warga kota Medan dapat memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online.

Menurut keterangan Kasatlantas Polresta Medan,Kompol M Hasan,Jumat (18/9).Mengatakan berbeda dengan daerah lain di Indonesia, penerapan SIM Online di Kota Medan akan diberlakukan Oktober 2015,namun,ia tak merinci tanggal penerapan SIM Online di Medan.

Sementara itu jajaran Satuan Polisi Lalu Lintas Polresta Medan sudah mempersiapkan berbagai persiapan untuk menerapkan SIM Online di Kota Medan.Oleh karena itu,bila Mabes Polri memberikan perintah untuk menerapkan SIM Online Satlantas Polresta Medan telah siap,dari segi SDM dan teknologi sudah disiapkan.Jadi, apabila ada perintah langsung diterapkan oleh Korlantas,besar kemungkinan SIM online akan diterapkan bulan depan sesuai arahan,ucapnya.

Hasan mengutarakan,prosedur perpanjangan SIM tidak berubah,artinya masyarakat hanya perlu membawa SIM yang sudah diperpanjang dan KTP yang sudah memakai NIK E-KTP,tak hanya itu,warga tak perlu datang ke Satpas SIM,perpanjangan online juga bisa dilakukan di lokasi-lokasi SIM keliling,dengan catatan SIM-nya sudah habis tidak bisa lagi.

Dalam hal ini untuk memiliki SIM Online harus masih aktif,dan SIM-nya berlaku.Kalau baru satu atau dua hari habis,masih bisa.akan tetapi,kalau sudah sampai tiga bulan tak berlakunya,tak bisa perpanjangan onlinelah,ungkapnya.(David)