Sunday , 20 September 2020
Home / Sumut / PTPN III : Program Bina Lingkungan PTPN III Kebun Sei Dadap Bedah Rumah Warga

PTPN III : Program Bina Lingkungan PTPN III Kebun Sei Dadap Bedah Rumah Warga

frekuensimedia.com – Sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) dan hal tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG), PTPN III Kebun Sei Dadap melalui program kemitraan dan bina lingkungan melaksanakan bedah rumah milik pasangan suami istri, Sabari dan Hartini warga Jalan Sawo Lingkungan VII Kelurahan Sentang, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Asahan.

Menurut keterangan Sagimin selaku Kepala Lingkungan VII Kelurahan Sentang kepada wartawan, Senin (14/12) di lokasi bedah rumah mengatakan bedah rumah secara total yang dilakukan oleh PTPN III Kebun Sei Dadap terhadap rumah tinggal pasangan suami istri, Subari dan Hartini warga Jalan sawo Lingkungan VII Kelurahan Sentang Kecamatan Kota Kisaran Timur, merupakan wujud kepedulian PTPN III Kebun Sei dadap terhadap warga sekitar kebun tersebut, ujarnya.

Lebih lanjut Sagimin mengatakan awalnya rumah ini berdindingkan papan dan beratapkan seng dan rumah tersebut sudah tidak layak huni lagi dan atas hasil kesepakatan rembug lingkungan antara beberapa warga dan BKM Masjid Diniyah, saya selaku kepala lingkungan VII bersama Maderi ketua BKM Masjid Diniyah mencoba untuk melobi pimpinan PTPN III Kebun Sei Dadap Junaidi SP. Alhamdulillah permohonan untuk mendapatkan CSR bedah rumah ini dikabulkan dan ini merupakan wujud nyata kepedulian pihak perkebunan yang lokasinya berdekatan dengan pemukiman masyarakat di Sentang ini. Kami masyarakat kelurahan sentang khususnya yang berada di lingkungan VII ini berterimakasih atas kepedulian pihak perkebunan terhadap masyarakat di sini dan kami juga akan terus menjalin kerja sama kepada pihak PTPN III Kebun Sei Dadap, ungkapnya.

Secara terpisah, manager PTPN III Kebun Sei Dadap Junaidi SP saat dikonfirmasi membenarkan adanya program CSR untuk bedah rumah yang ada di Lingkungan VII Kelurahan Sentang Kecamatan Kota Kisaran Timur. “Saat ini sudah rampung pelaksanaannya, bangunan tersebut berukuran lebar 4 meter dengan panjang 7 meter berlantai semen diplester halus, dinding batu dan atas seng,” kata Junaidi.

“Program ini akan terus dilaksanakan secara bergilir kepada setiap agar masyarakat yang layak untuk mendapatkan bantuan, bedah rumah yang dilaksanakan ini sebagai bentuk daripada kepedulian sosial PTPN III khususnya Kebun Sei Dadap terhadap masyarakat sekitar kebun.Kebun Sei Dadap ingin membangun harmonisasi dengan masyarakat sekitar sehingga terjalin bahwa selama ini mungkin kebun dianggap tertutup kami ingin merubah imeg tersebut sehingga kebun Sei Dadap memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar walaupun masih terasa sedikit,” bebernya.

Junaidi SP manager Kebun Sei Dadap berharap ke depan agar masyarakat sekitar dapat memperoleh manfaat dari kebun.Kemudian masyarakatsekitar kebun juga dapat saling membantu terutama dapat menjaga keamanan kebun milik BUMN tersebut. “Jika kebun yang notabenenya milik pemerintah tersebut dapat kita jaga bersama keamanannya dalam segala hal, akan berdampak kepada keuntungan yang diperoleh. Tahun 2015 Kebun Sei Dadap melalui program Bina Lingkungan hanya satu rumah yang dapat dibedah, mungkin di tahun depan bisa lebih, dana yang dikucurkan untuk program bedah rumah ini diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp.44 juta dan dikerjakan dalam waktu kurang lebih satu minggu,” tukasnya. (David/Umar Sidik).