Wednesday , 23 September 2020
Home / Sumut / Polsek Medan Barat : 200 Butir Ekstasi Dan 1 Kg Sabu,Berhasil Diungkap Dari Jaringan Narkoba Internasional.

Polsek Medan Barat : 200 Butir Ekstasi Dan 1 Kg Sabu,Berhasil Diungkap Dari Jaringan Narkoba Internasional.

Kapolsek Medan Barat Kompol Siswandi, didampingi Kanit Reskrim,Iptu Oscar Stefanus Setjo
Kapolsek Medan Barat Kompol Siswandi, didampingi Kanit Reskrim,Iptu Oscar Stefanus Setjo

frekuensimedia.com – Petugas unit Reskrim Polsek Medan Barat,kembali meringkus CS (66),RY (35) warga Kecamatan Medan Timur, sebagai kurir narkoba.Bersamaan dengan ED (56) warga Kecamatan Medan Timur, sebagai bandar narkoba jaringan Internasional,Kamis (24/9) lalu.

Menurut informasi yang diperoleh bahwasanya tertangkapnya ketiga tersangka, berawal dari informasi yang didapatkan oleh petugas terhadap tersangka CS dan RY yang diduga sebagai kurir narkoba.Bermodalkan informasi tersebut,kurang lebih kurun waktu dua bulan melakukan undercover by yang dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Polsek Medan Barat,Iptu Oscar Stefanus Setjo,akhirnya petugas berhasil meringkus CS dan RY di Jalan KL.Yos Sudarso,Medan Barat,Kamis (24/9) siang sekira pukul.12.30.Wb,yang sebelumnya berpura-pura sebagai pembeli.

Menurut keterangan dari tangan kedua ibu rumah tangga ini,petugas berhasil mengamankan 200 butir pil ekstasi warna ping berlambang telephone,1 unit sepeda motor Honda Vario BK.5950.AFU yang digunakan sebagai transportasi untuk bertransaksi.Tak sampai disitu, usai dilakukan pengembangan terhadap kedua tersangka CS dan RY petugas kembali memancing untuk memesan narkoba jenis sabu kepada ED, melalu CS dan RY.

Alhasil,dihari yang sama sekitar pukul.15.30.Wib,disekitar Jalan KL.Yos Sudarso,Kec.Medan Barat,tepatnya didekat pasar Glugur.sesuai lokasi kesepakatan untuk bertransaksi, petugas kembali meringkus ED beserta barang bukti 10 bungkus narkoba jenis sabu yang diberikan selotip berwarna hitam dengan berat masing-masing 1 ons dan total 1Kg beserta 1 unit Mobil Toyota Avanza BK 360 NZ warna putih milik ED.

Berkat buah dari kesabaran dan kegigihan anggota kita dilapangan,Lebih kurang dua bulan anggota kita melakukan undercover by,akhirnya berhasil meringkus dua tersangka, dengan menyamar sebagai pembeli pil ekstasi.Dari tangan tersangka,kita berhasil mengamankan barang bukti 200 butir pil ekstasi.setelah dilakukan pengembangan, selanjutnya kita berhasil mengamankan ED beserta barang bukti narkoba jenis sabu seberat 1Kg,ungkap Kapolsek Medan Barat Kompol Siswandi, didampingi Kanit Reskrim,Iptu Oscar Stefanus Setjo,Minggu (27/9).

Sementara itu masih kata perwira berpangkat bunga melati satu emas dipundaknya ini,para tersangka termasuk dalam jaringan internasional,yang kuat dugaan barang haram tersebut didapat dari Malaysia.Sementara untuk dua orang tersangka CS dan RY yang berstatus sebagai ibu rumah tangga ini,berperan sebagai kurir yang sudah 10 kali beraksi dan diupahi Rp.3 juta setiap berhasil mengantarkan pesanan.

“Jadi, mereka bertiga ini merupakan jaringan peredaran narkoba Internasional. Kuat dugaan kita, barang haram tersebut didapat dari Malaysia. Untuk target peredarannya Kota Medan sekitarnya. Dari pengakuan tersangka CS dan RY yang berperan sebagai kurir, mengaku diupahi Rp.3 juta setiap kali berhasil mengantarkan barang haram tersebut kepada pelanggannya,ujar Siswandi.

Demi melakukan pengembangan selanjutnya, pihaknya melakukan koordinasi kepada pihak Sat Narkoba Polresta Medan.jaringannya sangat rapi sekali,banyak pion-pionnya dilapangan,sehingga ketika kita kembangkan lagi sangat sulit.untuk itu,kita berkoordinasi kepada pihak Sat Narkoba Polresta Medan,untuk pengembangan selanjutnya,ucap Siswandi.

Berdasarkan keterangan kepada ketiga tersangka dikenakan UU Narkotika 112,114 ayat (1),(2) No.35 tahun 2009 dengan ancaman penjara diatas 20 tahun dan maksimal hukuman mati.(David)