Wednesday , 18 September 2019
Home / Medan / Menjabat Ketua DPRD Medan, Mengapa Tidak

Menjabat Ketua DPRD Medan, Mengapa Tidak

MEDAN – Anggota DPRD Kota Medan yang juga Caleg terpilih 2019 Roby Barus SE menyatakan siap menjadi Ketua DPRD Kota Medan periode 2019-2024. Politisi PDI Perjuangan dari Dapil Medan I ini menegaskan, semua jabatan sebagai pimpinan dewan adalah keputusan Ketua Umum DPP Megawati Sukarno Putri.

“Sebagai petugas partai, kita siap ditugaskan DPP partai bertugas kemana saja, apakah sebagai pimpinan partai, pimpinan dewan atau jadi calon kepala daerah. Karena semua itu keputusannya di tangan DPP,” ucap Roby kepada wartawan, Kamis (20/6/2019).

Saat dikonfirmasi awak media, apakah mampu memimpin DPRD Medan jika dipercaya DPP?  Mantan Ketua Komisi A ini mengatakan, semua kader PDI Perjuangan adalah sosok-sosok yang cerdas dan tangguh. Karena semuanya sudah dikader menjadi politisi sejati dan mampu mengemban tugas.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan menjadi pemenang Pemilu Legislatif di Medan meraih 10 kursi. Meski perolehan kursi sama dengan P Gerindra, tapi perolehan suara PDIP lebih besar. Sehingga, PDIP dua kali berturut-turut jadi pemenang dan memimpin DPRD Medan.

Pada periode 2014-2019, PDIP memimpin DPRD Medan dengan perolehan 9 kursi. DPP mempercayakan Henry Jhon Hutagalung SE SH MH menjadi Ketua DPRD sampai sekarang. “Siapa bakal calon ketua memang belum ada dibahas partai, karena caleg terpilih 2019 belum dilantik, tapi apapun nanti keputusan partai kita siap,” terangnya.

Menurutnya, kepemimpinan Henry Jhon Hutagalung dinilai sangat baik dan bijaksana. Selama DPRD Kota Medan dipimpin Henry Jhon, Fraksi PDIP jadi berwibawa di mata fraksi-fraksi lain. Hampir tidak pernah ada persoalan di DPRD Medan selama hampir lima tahun ini.

“Terlebih Henry Jhon sangat piawai memimpin rapat-rapat paripurna maupun rapat pimpinan. Dia orangnya cerdas, tangguh, berkelas dan pergaul, banyak memimpin organisasi sehingga terbiasa memimpin rapat, jika ada persoalan cepat mengatasinya,” tutur Roby.

“Jika dipercaya memimpin DPRD Medan, Roby akan meneruskan keberhasilan Henry Jhon. “Pemimpin di DPRD Medan harus vocal dan kritis terhadap kepemimpinan wali kota, karena yang kita emban adalah amanah rakyat, maka pemimpin itu harus tegas, cerdas, berwibawa dan disegani,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Japorman Saragih juga pernah mengatakan bahwa siapa calon pimpinan dewan adalah keputusan Megawati. Semua kader yang duduk di legislatif memiliki peluang menjadi pimpinan dewan, tidak harus seorang ketua partai. “Ketua partai yang duduk di legislatif tidak otomatis menjadi Ketua DPRD, semua tergantung Ketua Umum” terangnya.(fm)