Tuesday , 22 September 2020
Home / Nasional / Lucky Bayu Purnomo,Jika Rupiah Tembus Ke Angka Rp.15.000,- /Dolar Banyak Bank Terancam Kolaps.

Lucky Bayu Purnomo,Jika Rupiah Tembus Ke Angka Rp.15.000,- /Dolar Banyak Bank Terancam Kolaps.

Rupiah Anjlok.
Rupiah Anjlok.

frekuensimedia.com – Analis dari LBP Enterprise Lucky Bayu Purnomo mengatakan, jika rupiah tembus ke angka 15.000 per dolar akan ada banyak bank yang terancam kolaps. Menurutnya,  stress test yang menunjukkan bank masih bisa bertahan di level  rupiah 16.000 per dolar AS itu hanya berlaku untuk bank-bank besar.

“Aman untuk bank besar, untuk yang kecil  15.000 itu sudah lampu kuning, 16.000 lampu merah,” katanya saat dihubungi Tempo, Kamis, 24 September 2015.

Dari sisi fiskal, kata Lucky, lemahnya kurs rupiah yang nyaris menuju level  15.000 per dolar AS saat ini berdampak pada peningkatan nilai kredit bermasalah (NPL) bank. Sementara dalam aspek moneter berdampak pada semakin tingginya angka inflasi. “Perlambatan ekonomi akan semakin menjadi,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Group Perekonomian dan Sistem Keuangan Lembaga Penjamin Simpanan, (LPS) Moch. Doddy Ariefianto menyampaikan bahwa perbankan Indonesia masih terkendali  meskipun kurs rupiah mencapai 18 ribu per dolar AS. Hal ini, kata Pelaksana Tugas Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan dapat dilihat dari rasio kecukupan modal (CAR)bank tahun ini yang mencapai 20 persen.(Kontra)