Tuesday , 22 September 2020
Home / Sumut / Kasatlantas Medan Kompol M Hasan,SIK Pekan Depan Sim Online Akan Launchingkan Sesuai Kemajuan Iptek.

Kasatlantas Medan Kompol M Hasan,SIK Pekan Depan Sim Online Akan Launchingkan Sesuai Kemajuan Iptek.

Kasatlantas Polresta Medan,Kompol M Hasan,SIK.
Kasatlantas Polresta Medan,Kompol M Hasan,SIK.

frekuensimedia.com – Didalam inovasi pelayanan Surat Izin Mengemudi atau SIM on-line didalam kemajuan iptek dan informatika ternyata berlaku juga pada pembuatan SIM baru. Sebelumnya,layanan SIM On-line berlaku dengan cara nasional,namun spesial didalam perpanjangan SIM.Akan tetapi, pelayanan itu merambah pada pelayanan pembuatan SIM baru.
Dalam pelayanan ini ada pergantian alur yang dipakai, yaitu waktu pertama datang perserta diminta untuk isi formulir,lantas membayar di BRI serta lakukan tes,dan lakukan photo.Ketidaksamaannya yaitu perekaman data dikerjakan dengan cara on-line.Petugas cukup memasukan NIK,lantas data diri pemohon SIM segera keluar.

Dengan demikian,tak akan terjadi antrean panjang seperti langkah lama.Sebab,dengan mengunakan system on-line ini,data yang ada di kementerian berkenaan dengan data kependudukan semua Indonesia dapat terintegrasi.Sedang pada alur perpanjangan SIM,pemohon cukup isi formulir yang disiapkan dengan membawa SIM lama,KTP,serta info sehat dari dokter.Sesudah itu lalu datang kebagian photo serta memasukkan NIK,hingga SIM yang diidamkan segera dapat diciptakan atau diterbitkan.

Sementara itu menurut keterangan Kasatlantas Polresta Medan,Kompol M Hasan,SIK,Kamis (1/10).Mengatakan,bahwasanya Sim online ini akan dijadwalkan dilaunchingkan rencananya pekan depan.Dalam hal ini tambahnya lagi didalam pembuatan SIM baru,tetap harus didaerah asal sesuai KTP,walau sudah dilakukan secara online,ujarnya.

Sedangkan untuk syarat-syarat SIM online baru,pelaksanaan tetap dimana sesuai e-KTP berdomisili,tidak diproses di mana bapak ibu berada jika tidak sesuai dengan domisili.Untuk SIM baru diproses dimana alamat sesuai KTP.SIM online ini sudah terintegrasi di e-KTP di Dukcapil sehingga kalau KTP tidak sesuai dengan kemendagri tentu identifikasi awal akan ditolak,e-KTP sebagai basis permohonan SIM,ungkapnya.(David)