Sunday , 20 September 2020
Home / Internasional / Kabut Asap, Australia Kirim Tim Pemadam dan Pesawat

Kabut Asap, Australia Kirim Tim Pemadam dan Pesawat

Kabut Asap
Kabut Asap

frekuensimedia.com – Satu tim pemadam dari Australia yang  bertugas  membantu pemadaman api dan  asap akibat pembakaran lahan di sejumlah daerah di Indonesia akan tiba di Palembang, Sumatera Selatan pada hari Minggu, 11 Oktober 2015.

Hal ini disampaikan Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson dan Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers  di Graha BNPB, Minggu, 11 Oktober 2015.

Menurut Sutopo, jumlah tim pemadam sebanyak 12 orang. Adapun pesawat yang akan melakukan pemadam yakni pesawat  “Thor” type Hercules L 100 dengan kapasitas 15 ton air akan tiba pada hari Rabu depan.

Pesawat tersebut hanya dapat dioperasikan selama 5 hari karena masih digunakan untuk memadamkan Karhutla di NSW Australia.

Pesawat tersebut akan di turunkan di Landasan Udara Palembang atau Pangkalpinang. Sedangakan tim dari Australia akan meninjau lokasi terlebih dahulu, karena pesawat tersebut membutuhkan landas pacu yang besar.

Sutopo mengatakan bahwa sebenarnya semua pesawat serta helikopter ingin dilandaskan di helipad terdekat milik beberapa perusahaan, namun rencana tersebut terkendala dengan minimnya avtur di lokasi terdekat.

Sutopo menambahkan, tidak ada kesepakatan tertentu antara Indonesia dan Australia dalam pemberian bantuan ini. “Ini semua dalam rangka kemanusiaan,
Ketika suatu negara mendapat bencana, sudah sepatutnya saling membantu,” ujar Sutopo.(Kontra)