Thursday , 3 December 2020
Home / Sumut / Ihwan Ritonga; Sky Parking di Plaza Medan Fair Pungli

Ihwan Ritonga; Sky Parking di Plaza Medan Fair Pungli

Ihwan Ritonga Wakil Ketua DPRD Kota Medan
Ihwan Ritonga Wakil Ketua DPRD Kota Medan

frekuensimedia – Meskipun sudah menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda),ada saja ulah pengelola pajak parkir progresif di Kota Medan. Salah satunya Sky Parking di Plaza Medan Fair Jalan Gatot Subroto Medan.Di mana manajemen mengeluarkan kebijakan sendiri mengenai tarif parkir.

Terlihat dalam foto, manajemen Sky Parking menerapkan tarif sendiri untuk roda empat yakni, Rp.5000 untuk satu jam pertama dan Rp.4000 untuk satu jam berikutnya sampai dengan maksimal Rp.15 ribu. Sontak kebijakan tersebut mendapat protes dari salah seorang pengguna jasa parkir.

Ihwan Ritonga, warga Kecamatan Medan Denai mengaku keberatan atas kebijakan yang diterapkan Sky Parking pada Jumat (17/2) lalu. Di mana saat dirinya menggunakan jasa tersebut dikenakan tarif diluar ketentuan.

“Bukan soal nominalnya yang saya keluhkan. Tetapi cara mereka, diduga kuat menipu konsumen. Kan sudah jelas dalam Perda Nomor 10 tahun 2011 tarif dasar pajak progresif untuk roda empat dua jam pertama Rp.3.000 – Rp.5.000 dan penambahan minimal Rp2.000 dan maksimal Rp4.000 untuk satu jam berikutnya,” ungkapnya pada Sabtu (18/2).

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Medan ini meminta Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Zulkarnain, melakukan penertiban terhadap pengelola pajak parkir progresif yang memberlakukan keputusan diluar Perda.

“Ini pungli yang jelas-jelas di depan mata. Tim Saber Pungli sudah bisa lakukan pemeriksaan atau sidak ke lokasi parkir progresif yang ada di Kota Medan,” ketusnya.

Untuk diketahui, Perda nomor 10 tahun 2011 tentang pajak parkir progresif menyebutkan, tarif dasar parkir kendaraan roda empat Rp.3.000 – Rp5.000 atau naik antara 50-150 persen. Kenaikan untuk dua jam pertama dan penambahan minimal Rp2.000 dan maksimal Rp.4.000 (pajak progresif, red). Untuk kendaraan roda empat tarif dasar parkir progresif Rp.2.000 dan Rp.1.000 satu jam berikutnya, maksimal Rp.5000. Sedangkan parkir valet maksimal Rp.25.000.(Fr)