Saturday , 19 September 2020
Home / Sumut / Franky PLT Ketua LSM Forum Bersama Laskar Merah Putih Prov.Sumatera Utara:Dalang Asap dan Debu Vulkanik Berkepanjangan Akibat Hutan Di Habisi Kadishut Sumut Ir.Halen Purba.

Franky PLT Ketua LSM Forum Bersama Laskar Merah Putih Prov.Sumatera Utara:Dalang Asap dan Debu Vulkanik Berkepanjangan Akibat Hutan Di Habisi Kadishut Sumut Ir.Halen Purba.

Franky Manalu Plt.Ketua Markas Daerah Lembaga Swadaya Masyrakat Forum Bersama Laskar Merah Putih Prov.Sumatera Utara.
Franky Manalu Plt.Ketua Markas Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Bersama Laskar Merah Putih Prov.Sumatera Utara.

kayu  hutan

 

 

Asap
Asap

IMG_2152

hariansib_Menolak-dan-Keberatan-Hutan-Negara--Siosar-750-Hektar--Untuk-Relokasi-Masyarakat-Erupsi-Sinabung-

frekuensimedia.com – Simalungun -Sumatera Utara,Kerusakan Hutan Register Si Anak-Anak kian menjadi-jadi, melibatkan aparat pemerintahan mulai tingkat Pemkab sampai provinsi.Penegakan hukum tidak berlaku lagi yang ada hanya hukum rimba siapa kuat dia berkuasa,anggota dewan terhormat hanya duduk manis di kursi empuk sambil menantikan kucuran dana dari hasil jarahan hutan.

Kepolisian tidak ketinggalan dalam memainkan peranannya dalam penetapan status tersangka mantan kadis kehutanan Simalungun Ir.Jan Wanner Saragih dengan kasus perambahan hutan dan lingkungan hidup Hutan Produk Terbatas (HPT) di Kab Simalungun,sebagai tindak lanjut laporan pengaduan nomor LP/74/III/2014 tgl 19 Maret 2014 silam yang terjadi di Batu Holing Dsn Urung Doloknagori Togur, Kec Dolok Silau Kab Simalungun sampai hari ini belum jelas perkembangannya.

Selain Ir. Jan Wanner Saragih, ada 13 lagi tersangka yang ditangani Polres Simalungun yakni Iwan Lubis cs.Sampai kini kasus mengendap dan tidak ada perkembangan lanjutan.Bahkan kini tersangka Ir Jan Waner Saragih MSi menjabat sebagai Kaban PIT berdasarkan SK Bupati Nomor 821/0002/2015 tanggal 7 Januari 2015 silam.

Sementra itu Franky Manalu Plt.Ketua Markas Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Bersama Laskar Merah Putih Prov.Sumatera Utara.”Meminta Kepada Gubernur agar Kadishut Sumut Ir Halen Purba MM segera dicopot,karena tidak mampu mengatasi pembalakan hutan Di Sumatera Utara secara khusus hutan di Simalungun.Adapun keberadaan asap dan debu vulkanik yang sudah jadi komsumsi masyarakat Sumut selama hampir satu bulan ini tidak terlepas dari pohon-pohon (Hutan) untuk menahan laju debu dan asap tersebut habis dan berubah fungsi,sehingga masyarakat Sumut banyak terjangkit Ispa karena minimnya udara bersih.” Tegasnya.

Hutan kian habis bahkan kini beralih fungsi menjadi lahan perkebunan sawit.Tidak ada satupun yang ditindak karena semua mendapat jatah bagian masing-masing.

Sementara kiprah Kepala Dinas Kehutanan Sumut Ir Halen Purba MM tidak terlepas dari sindikat yang ada,ketidak mampuan menjaga konsitensi hutan negara yang berada di provinsi Sumatera Utara secara khusus hutan register Si Anak-Anak di desa Batu Holing Kab.Simalungun.”Kita masih menunggu proses hukum” ujarnya ketika dikomfirmasi.

Sementara proses hukum apapun terkait mengenai hutan tidak melibatkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang dipimpinnya,dikarenakan kewenangan dinas kehutanan telah diatur dalam UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pemberantasan Perusakan Hutan.Bahkan dinas kehutanan bukan sebagai pengadu dan saksi ahli dalam berkas perkara yang ditangani Polda Sumut dengan pengaduan No /LP /74/III/2014 tanggal 19 Maret 2014 silam atas tersangka mantan Kadishut Simalungun IR Jan Waner Saragih.

Ironis selaku Kepala Dinas Kehutanan Sumut Ir Halen Purba MM tidak memiliki komitmen dalam pemberantasan mafia hutan yang terjadi di provinsi Sumatera Utara,malahan turut mendukung aksi yang dilakukan para mafia dengan mengeluarkan beberapa perijinan untuk memudahkan para pelaku perambah bermain lebih cantik lagi. (Kontra)