Wednesday , 20 November 2019
Home / Medan / DPRD Tekankan Satpol PP Tegas Dan Jangan Tebang Pilih

DPRD Tekankan Satpol PP Tegas Dan Jangan Tebang Pilih

Hendra DS

Frekuensi Media – DPRD Medan Hendra DS meminta Pemko Medan melalui Satpol PP diminta tegas untuk membongkar bangunan melanggar aturan. Selain merusak estetika kota, saat ini banyak bangunan yang melanggar izin dan disinyalir Pemko Medan mengalami kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga miliaran rupiah dari retribusi bangunan, Selasa (6/8/2019).

“Satpol PP jangan beraninya hanya menertibkan pedagang kecil, tetapi bangunan melanggar aturan dan tidak memiliki SIMB ( Surat Izin Mendirikan Bangunan) tidak punya nyali. Hukum itu jangan tajam ke bawah tapi tumpul ke bawah,” tegas anggota komisi IV DPRD Medan Hendra DS.

Seperti bangunan rumah tempat tinggal (RTT) di komplek perumahan Timur Raya Jl Timor Ujung Kel Gaharu Kec Medan Timur Kota Medan milik TS. Rumah tersebut berdiri di atas rencana jalan dan fasilitas umum (Fasum). Namun sampai sekarang mulus tanpa ada penertiban.

“Pemko Medan melalui Dinas terkait harus tegas, Kalau itu RTT berdiri di fasilitas umum (fasum) harus segera ditertibkan. Pemko harus komit perbaikan kota ini ke arah yang lebih baik. Kita harus fokus peningkatan kesejahteraan lebih baik, ” ujar Hendra DS yang juga selaku sekretrasi Partai Hanura Kota Medan ini.

Selain itu kata Hendra, Dinas Perumahan Kawasan dan Permukiman dan Penataan Ruang (Dinas PKPPR) juga tegas menegakkan Perda. Seperti bangunan tanpa izin yang berdiri diatas fasilitas umum dan rencana jalan jangan dilakukan pembiaran.

Dinas PKPPR diharapkan menindaklanjuti surat terdahulu minta pemilik untuk bongkar sendiri bangunannya. Tetapi faktanya pemilik bangunan tidak mengindahkan surat tersebut. “Harus nya harus ditindaklanjuti, bukan didiamkan,” tambah Hendra.

Sebagaimana diketahui, Surat Dinas PKPPR Kota Medan tertanggal 8 Juni 2017 yang ditanda tangani Kepala Dinas PKPPR Kota Medan Syamporno Pohan ditujukan kepada pemilik bangunan. Surat No 640.3915/DPK PPR/VI/17 perihal peringatan untuk pembongkaran sendiri bangunan yang tidak memiliki SIMB.

Adapun alasan diterbitkannya surat peringatan bongkar sendiri berdasarkan penelitian Dinas PKPPR. Terbukti bangunan RTT berdiri diatas fasilitas umum dan rencana jalan sesuai KSB No 648/259/4/50/1994, Tanggal 17 Januari 1994. Sehubungan dengan itu, pemilik bangunan diingatkan supaya segera membongkar bangunannya sendiri. (FM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

8 + 1 =