Wednesday , 28 October 2020
Home / DPRD Kota Medan / Biaya Pemakaman Jenazah Korban Corona Rp5 Juta

Biaya Pemakaman Jenazah Korban Corona Rp5 Juta

MEDAN || Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring yang juga Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Medan mengatakan, hingga saat ini tercatat sebanyak 172 orang telah dimakamkan di pemakaman khusus korban Covid-19 di Simalingkar B.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri rapat perdana Pansus penanganan pencegahan dan penyebaran Covid-19 DPRD kota Medan, tentang penyampaian ekspos terkait pelaksanaan Gugus Tugas Perecepatan penanganan Covid-19 di kota Medan, di Gedung DPRD Medan, Selasa (16/06/2020).

“Hingga saat ini yang dimakamkan di Pemakaman khusus Simalingkar B berjumlah 172 orang dan dari Medan sebanyak 87 orang, selebihnya dari luar kota Medan,” katanya.

Dikatakannya, setiap satu kali penguburan, Pemko Medan dibebankan biaya hingga Rp5 juta.

Jika dikalkulasikan hingga saat ini pemko Medan telah mengeluarkan anggaran untuk penguburan jenazah Covid-19 sebesar Rp860 juta.

Uang tersebut katanya untuk membayar insentif tim pengubur khusus, sebab berdasarkan pengalaman yang lalu, pengubur biasa enggan menguburkan jenazah Covid-19.

Selain itu untuk meminimalisir membengkaknya anggaran tersebut kata Arjuna, pihaknya sudah berupaya menyurati masing-masing kepala daerah agar menanggung biaya warganya yang dirawat ataupun dikebumikan di Medan.

Ia mengatakan sah-sah saja apabila pasien Covid-19 yang meninggal di Medan namun statusnya bukan warga Medan, dapat dikuburkan di daerahnya masing-masing.

Namun dengan syarat sesuai SOP yakni jarak tempuh daerahnya dari Medan tidak lebih dari 4 jam perjalanan.

“Di luar kota Medan ini pun sudah kita informasikan, kita sudah siapkan surat resmi, dan meminta agar masing-masing daerah bisa mengambil bagiannya. Selain itu kita juga berkoordinasi dengan Pemprovsu supaya jenazah yang diluar kota Medan, khususnya yang wilayahnya tidak sampai empat jam dari Medan supaya bisa dikuburkan di daerahnya masing-masing, supaya tidak membebani Pemko Medan,” katanya. (Sugandhi Siagian)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

52 − 50 =