Tuesday , 1 December 2020
Home / Sumut / Akhyar Terima Kunjungan  Dosen & Mahasiswa Angkatan Ke-70 STIK-PTIK

Akhyar Terima Kunjungan  Dosen & Mahasiswa Angkatan Ke-70 STIK-PTIK

Ir Akhyar Nasution MSi  menerima kunjungan dosen dan mahasiswa Angkatan ke-70 Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian-Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) di Ruang Rapat I Balai Kota Medan, Selasa (7/2).
Ir Akhyar Nasution MSi  menerima kunjungan dosen dan mahasiswa Angkatan ke-70 Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian-Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian
(STIK-PTIK) di Ruang Rapat I Balai Kota Medan, Selasa (7/2).

frekuensimedia – Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi  menerima kunjungan dosen dan mahasiswa Angkatan ke-70 Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian-Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian
(STIK-PTIK) di Ruang Rapat I Balai Kota Medan, Selasa (7/2).  Kunjungan ini dilakukan  terkait pengabdian masyarakat (Dianmas)  sebagai persayaratan akhir sebelum menyelesaikan pendidikan.

Jumlah mahasiswa angkatan 70 yang hadir tersebut sebanyak 12 orang  dipimpin oleh dosen tetap STIK-PTIK, dr Erwan Msi. Selain Kota Medan, mereka juga mengunjungi sejumlah Kabupaten dan Kota yang ada di  Provinsi Sumatera Utara.

Didampingi Kasatpol PP Kota Medan, M Sofian dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Cheko Wakhda Ritonga, Wakil Wali Kota mengungkapkan, sangat mengapresiasi dan bangga atas kunjungan  para mahasiswa STIK-PTIK tersebut. Selain melakukan pengabdian masyarakat, mereka juga diharapkan dapat memberikan masukan terkait Kamtibmas bagi Kota Medan.

“Kota Medan merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia. Tentunya sebagai kota metropolitan dengan jumlah penduduk hampir 3 juta jiwa, Medan memiliki sejumlah permasalahan Kamtibmas dan sosial. Oleh karenanya  peran kepolisian sangat dibutuhkan untuk menjaga kekondusifan di Kota Medan ini,” kata Wakil Wali Kota.

Kemudian Akhyar menambahkan,  Pemko Medan melalui kecamatan dan kelurahan juga telah membangun 3 pilar dengan  Babinkamtibmas dan Babinsa guna mengatasi segala bentuk permasalahan dan kejahatan, termasuk kejahatan narkoba yang kini menjadi permasalahan utama di Kota Medan.

“Kemitraan 3 pilar ini cukup efektif menanggulangi permasalahan yang terjadi di setiap kelurahan.  Melalui kemitraan ini setiap potensi permasalahan sosial dapat dideteksi dini, sehingga tidak sampai membesar.  Selain itu saat ini tingkat kejahatan di Kota Medan pun mulai berkurang dengan kerja sama ini,” jelasnya.

Dosen Tetap STIK-PTIK,  Dr Erwan MSi sebagai selaku pimpinan rombongan menjelaskan, setiap mahasiswa di akhir pendidikannya di STIK-PTIK  akan menjalani Pengabdian Masyarakat (Dianmas) seperti yang dilakukan mahasiswa perguruan tinggi melaksanakan KKN ( kuliah kerja nyata).

Dikatakan Erwan, Dinmas ini bertujuan agar para perwira kepolisian  ini turun langsung dan dapat mempelajari setiap perkembangan yang ada di tengah masyarakat. “Mahasiswa Angkatan ke-70 STIK-PTIK berjumlah 135 orang, mereka di bagi menjadi 2 kelompok, dimana sebagian melakukan Dianmas ke wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan sebagain lagi ke wilayah Jawa Tengah.  Selain  Kota Medan, kami akan berkunjung ke Kabupaten dan Kota yang ada di Sumut,” jelas Erwan.

Selanjutnya, papar Erwan, setelah Dinmas ini para mahasiswa STIK-PTIK akan di tempatkan  ke setiap wilayah kepolisian di Indonesia. “Diharapkan mereka setelah pendidikan kepolisian ini nantinya menjadi Polri yang terbaik, termasuk pemimpin masa mendatang,”  terangnya.

Selanjutnya pertemuan ini dirangkaikan dengan tanya jawab terkait masalah kantibmas di Kota Medan. Semua pertanyaan mahasiswa dijawab dan dijelaskan denga lengkap oleh Wakil Wali Kota serta ditambahi oleh Kasatpol PP dan Kaban Kesatuan Bangsa dan Politik. Pertemuan diakhiri dengan pemberian ulos serta cindera mata oleh Wakil Wali Kota kepada Dosen STIK-PTIK. Setelah itu dipungkasi dengan silaturahmi dan makan siang bersama.(Fm)