Wednesday , 2 December 2020
Home / Pemko Medan / Akhyar Salurkan Zakat Untuk Kaum Dhuafa & Bilal Mayat Di Kelurahan Dwi Kora

Akhyar Salurkan Zakat Untuk Kaum Dhuafa & Bilal Mayat Di Kelurahan Dwi Kora

Frekuensimedia-Medan :  Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  menyalurkan zakat kepada ustadz/ustadzah, guru honorer, bilal mayat, penjaga masjid dan kaum dhuafa yang bermukim di Kelurahan Dwi Kora, Kecamatan Medan Helvetia. Penyaluran zakat yang berasal dari para muzaki (pemberi zakat) baik dari Apratur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat ini dilaksanakan di Millenium Plaza, Rabu (8/7). Diharapkan, zakat yang diberikan tersebut  dapat memberikan manfaat bagi para mustahiq (penerima zakat), terutama di tengah  keterpurukan ekonomi menyusul pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini.

Ada 100 orang mustahiq yang menerima zakat tersebut, masing-masing mendapatkan zakat berupa beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter serta uang sebesar Rp.150.000. Selain itu para mustahiq juga menerima masker untuk melindungi mereka agar tidak tertular Covid-19. Penyaluran zakat dilakukan Akhyar didampingi Ketua Baznas Kota Medan Azwar S, Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution, Ketua MUI Kota Medan Prof Dr H M Hatta serta pimpinan Millenium Plaza Heri Zulkarnain.

Sementara itu menurut Ketua Baznas Kota Medan Azwar S, pendistribusian zakat ini kerjasama Baznas Kota Medan dan Sumut. Selain membantu masyarakat untuk menghadapi pandemi Covid-19, pendistribusian zakat yang dilakukan juga dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H. Azwar menambahkan, pendistribusian zakat akan dilakukan berkelanjutan di kecamatan lainnya seperti Medan Denai, Tuntungan serta  Belawan.

Kemudian Azwar mengharapkan kepada Plt Wali Kota agar terus mendukung sehingga para muzaki dari ASN dan masyarakat semakin meningkatkan zakat. Dengan demikian pendistribusian zakat dapat terus dilakukan bekerlanjutan, guna membantu dan meringankan beban warga kurang mampu, terutama saat menghadapi pandemi Covid-19.

Sedangkan Ketua MUI Medan Prof  Dr HM Hatta menjelaskan,  zakat  merupakan perintah agama. Untuk itu semua orang yang memiliki kelebihan diwajibkan berzakat. Sebab,  zakat ini untuk membersihkan harta. “Harta yang kita punya belum tentu semuanya bersih. Melalui zakat inilah, kita membersihkannya,” jelas Hatta.(H/SS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

77 − = 75