Sunday , 5 July 2020
Home / Medan / Akhyar Ajak Masyarakat Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Akhyar Ajak Masyarakat Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

           Frekuensimedia-Medan:  Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyatakan seluruh masyarakat Kota Medan harus mempersiapkan diri untuk melakukan adaptasi kebiasaan baru dimasa-masa pandemi Virus Corona (Covid-19) yang tidak dapat dipastikan kapan akan berakhir. Adaptasi kebiasaan baru yang dimaksud adalah masyarakat boleh melakukan  aktivitas dengan syarat harus mengikuti dan melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

           “Untuk mempersiapkan diri dalam melakukan kebiasaan baru, masyarakat Kota Medan harus beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru salah satunya menaati aturan protokol kesehatan yang diberlakukan di Kota Medan, dikarenakan kita belum mengetahui kapan akan berakhirnya virus ini,” kata Akhyar saat menjadi narasumber dalam acara Ngopi Sore yang dipandu Pemred Tribun Medan Syarief Dayan di Kantor Tribun Jalan KH Wahid Hasyim No.37, Babura, Kecamatan Medan Baru, Jumat (26/6) sore.

            Dalam acara yang berlangsung selama 1 jam tersebut, Akhyar menjelaskan bahwa salah satu kebiasaan atau kultur baru yang harus dilakukan masyarakat Kota Medan adalah dengan menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah. Sebab, saat ini masker merupakan kebutuhan yang sangat penting karena dapat mencegah penularan atau tertularnya Virus Corona.

            “Masker sebuah kultur baru bukan aksesoris tetapi kebutuhan. Kalau gak mau pakai masker diam saja jangan pegang mulut hidung ataupun mata, masker ini untuk mencegah kita tertular dan menularkan ke org lain memang masih berpotensi penularan tapi hanya sedikit,” kata Akhyar sembari menjelaskan penggunaan masker yang benar saat sedang berbicara.

            Selain menggunakan masker, tambah Akhyar, penerapan protokol lainnya seperti mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak satu sama lain atau lebih baik menghindari kerumunan juga penting dilakukan guna memutus penyebaran Covid-19.

            “Inilah tantangan yang harus kita hadapi untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru, mungkin tidak mudah tapi ini yang harus kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kami (Pemko Medan) juga tengah mempersiapkan metode serta berdiskusi dengan banyak pihak dan kami akan lebih gencar lagi dalam melakukan sosialisasi dan tindakan terhadap kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan,” tegas Akhyar.

            Diakhir acara, Akhyar mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara mematuhi protokol keseharan. “Ayo seluruh warga Kota Medan ini semua demi keselataman kita dan orang-orang disekeliling kita. Ayo gunakan masker, memang penyakit ini dari tuhan, tapi sebagai manusia kita diberi akal dan pikiran untuk mencegah penyakit ini tertular kepada diri kita,” ajak Akhyar.(KR/Sugandhi Siagian)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

− 1 = 1