Saturday , 19 September 2020
Home / Internasional / 1 Jemaah Haji Indonesia Jadi Korban di Mina

1 Jemaah Haji Indonesia Jadi Korban di Mina

terpijak

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arsyad Hidayat menyatakan, korban musibah Mina dari jemaah haji Indonesia baru diketahui 1 orang. Petugas haji sedang mengidentifikasinya.

“Berdasarkan info tim di lapangan, ada 1 korban dari Indonesia, sedang diindentifikasi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan disampaikan identitasnya,” ucap Arsyad saat konferensi pers dengan Media Center Haji di Mekah, Arab Saudi, Kamis (24/9/2015).

Arsyad menambahkan, petugas haji juga sudah diterjunkan ke lokasi kejadian. “Berusaha menguasai medan lokasi agar tidak muncul korban lebih banyak lagi,” imbuh Arsyad.

Selain itu, menurut Arsyad, petugas haji juga dikirim ke rumah sakit di Mina. “Banyak korban di sana,” tukas Arsyad.

Untuk mengetahui kabar mengenai kondisi jemah haji Indonesia di Mekah, PPHI Daker Mekah membuka hotmail:  +966 054 360 3154.

Musibah terjadi di Mina, Arab Saudi, Kamis pagi. Lebih dari 300 orang dilaporkan wafat akibat insiden yang terjadi tepat di hari raya Idul Adha ini.

Sesaat setelah kejadian, Tim KJRI Jeddah langsung menuju tempat insiden. Diduga kuat kejadian tersebut terjadi akibat jemaah yang saling dorong.

“Insiden terjadi pukul 11.00 WIB akibat saling dorong jemaah di area tenda Mina saat menuju ke lokasi jumrah aqobah,” sebut Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal, Kamis (24/9/2015).

“Sementara sedang dikonfirmasi terkait korban jemaah WNI,” tambah dia.

Sampai saat ini jumlah jemaah yang tewas mencapai 310 jiwa. Di samping ratusan korban jiwa, terdapat pula 450 orang terluka. Keterangan tersebut disampaikan oleh Badan Keamanan Sipil Arab Saudi.(Kontra)